cover
Contact Name
Tohir Solehudin
Contact Email
jpg@uika-bogor.ac.id
Phone
+6282110975474
Journal Mail Official
jpg@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
ISSN : 27221504     EISSN : 27211002     DOI : 10.32832/jpg
Core Subject : Education,
Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2021): JPG: Jurnal Pendidikan Guru" : 7 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tentang Interactions Between Teachers And Students Inside And Outside The Classroom That Can Foster Behaviour di Kelas Xi Ea Sulaiman Sulaiman
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 2, No 3 (2021): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v2i3.5043

Abstract

Penelitian ini dilakukan berawal dari kondisi rendahnya pencapaian nilai akhir siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan perlunya kepekaan seseorang guru untuk menggunakan suatu model pembelajaran yang dapat memicu siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Fenomena ini perlu dicermati sebagai upaya untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang tepat sehingga memberdayakan siswa sepenuhnya dalam belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan Penggunaan pembelajaran model Collaboration Type Picture and Picture dalam pembelajaran membuat siswa tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat. Hal ini terbukti pada siklus I ada 31,42% atau 11 siswa yang aktif, 34,28 % atau 12 siswa yang cukup aktif dan 34,28 % atau 12 siswa yang kurang aktif pada saat pembelajaran. Setelah guru memperbaiki hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II didapat 77,14% atau 27 siswa aktif pada saat pembelajaran dan 22,85% atau 8 peserta tidak yang cukup aktif pada saat pembelajaran serta 0,00% atau tidak ada siswa yang tidak aktif pada saat pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Pembelajaran model Collaboration Type Picture and Picture dapat meningkatan hasil belajar pesertsa didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas XI EA SMK Negeri 2 Bogor dengan menggunakan Pembelajaran model Collaboration Type Picture and Picture.
Upaya Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika Tentang Materi Peluang Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Learning Type Snowball Throwing di Kelas XII MIPA Rahayu Verry
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 2, No 3 (2021): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v2i3.5045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran Matematika tentang Peluangdengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Learning type Snowball Throwing sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas XII MIPA 7SMA Negeri 2 Bogor Tahun Pelajaran 2018 / 2019,  (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran  Matematika tentang Peluang melalui model pembelajaran  Snowball Throwing XII MIPA7SMA Negeri 2 Bogor semester genap Tahun Pelajaran 2018 / 2019, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika tentang Peluangmelalui model pembelajaran  Snowball Throwingdi kelas XII MIPA7 SMA Negeri 2 Bogor Semester genap Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan  model  pembelajaran Snowball Throwing dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XII MIPA7SMA Negeri 2 Bogor semester genap Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Sebelum menggunakan model pembelajaran Snowball Throwinghasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata kelas 64,25  kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing menjadi 79.89 pada siklus 1 dan 91,94 pada siklus 2.
Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tentang Indeks Harga dan Inflasi di Kelas XI IPS Titiek Prihastuti
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 2, No 3 (2021): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v2i3.5046

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran Ekonomi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Jenis Penelitian tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus pertama membahas tentang Indeks Harga, terdiri dari (1) Membuat perencanaan yaitu membuat perangkat pembelajaran (RPP-1, pedoman wawancara, soal ulangan, penilaian KBM guru), (2) tindakan (KBM guru dikelas), (3) observasi (penilaian oleh kolaboarator selama KBM) dan (4)  Refleksi (membahas kelemahan dan kelebihan selama KBM antara guru pengajar dan kolaborator). Data diperoleh dari test formatif, hasil wawancara siswa dan penilaian kolaborator/pengamat. Siklus kedua dilaksanakan seperti pada siklus pertama dengan materi yang berbeda yaitu tentang indeks harga. Dari data hasil penelitian  diperoleh kenaikan hasil belajar dari PBM siklus 1  yaitu rata kelas 74,24. Hasil tersebut ada kenaikan nilai rata-rata bila dibandingkan dengan pra siklus dengan perolehan nilai rata-ratanya sebesar 66,97. Begitu pula nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus ke 2, ada kenaikan nilai rata-rata dari siklus pertama yaitu menjadi 84,24. Sedangkan kegiatan guru pada proses KBM siklus pertama mendapat persentase skor total 86,67% dengan kategori baik, meningkat di siklus 2 menjadi 98,33% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian ini, membuktikan bahwa  penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena hal tersebut, disarankan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam PBM, terutama pada pelajaran.
Implementasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn Tentang Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Prespektif Pancasila di Kelas XI IPS Iceu Krisnawati
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 2, No 3 (2021): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v2i3.5041

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran PPKn tentang Pelanggaran HAM melalui metode pembelajaran Numbered Heads Together di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019-2020, (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PPKn tentang Pelanggaran HAM melalui metode pembelajaran Numbered Heads Together di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019-2020, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PPKn tentang Pelanggaran HAM melalui metode pembelajaran Numbered Heads Together di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019-2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode numbered heads together, dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan metode numbered heads together hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 68,97 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan numbered heads together menjadi 78,36 pada siklus 1 dan 84,31 pada siklus 2. Sehingga penggunaan numbered heads together yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.
Penerapan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Tentang Konsep Pengalamatan IP di Kelas X Ti A Hadi Paripurnawan
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 2, No 3 (2021): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v2i3.5047

Abstract

Penelitian ini dilakukan berawal dari kondisi rendahnya pencapaian nilai akhir siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan perlunya kepekaan seseorang guru untuk menggunakan suatu model pembelajaran yang dapat memicu siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Fenomena ini perlu dicermati sebagai upaya untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang tepat sehingga memberdayakan siswa sepenuhnya dalam belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan Penggunaan pembelajaran Collaboration type student team achievement division (STAD) dalam pembelajaran membuat siswa tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat. Hal ini terbukti pada siklus I ada 31,42% atau 11 siswa yang aktif, 34,28 % atau 12 siswa yang cukup aktif dan 34,28 % atau 12 siswa yang kurang aktif pada saat pembelajaran. Setelah guru memperbaiki hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II didapat 77,14% atau 27 siswa aktif pada saat pembelajaran dan 22,85% atau 8 peserta tidak yang cukup aktif pada saat pembelajaran serta 0,00% atau tidak ada siswa yang tidak aktif pada saat pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Pembelajaran Collaboration Type  Student Team Achievement Division (STAD)  dapat meningkatan hasil belajar pesertsa didik pada mata pelajaran Komputer Jaringan Dasar di Kelas X TI A SMK Negeri 2 Bogor dengan menggunakan  pembelajaran Collaboration Type  Student Team Achievement Division (STAD).
Penerapan Pembelajaran Model Type Collaboration Mind Map Tentang Sifat Meknik Bahan Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lb Sri Lestari
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 2, No 3 (2021): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v2i3.5042

Abstract

Penelitian ini dilakukan berawal dari kondisi rendahnya pencapaian nilai akhir siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan perlunya kepekaan seseorang guru untuk menggunakan suatu model pembelajaran yang dapat memicu siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Fenomena ini perlu dicermati sebagai upaya untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang tepat sehingga memberdayakan siswa sepenuhnya dalam belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan Penggunaan pembelajaran model Collaboration Type Mind Map membuat siswa tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat. Hal ini dapat dilihat pada hasil analisis data hasil belajar dalam setiap siklus yang mengalami peningkatan. Siklus 1 nilai rata-rata sebesar 73,7 daya serap klasikal sebesar 73,7%, dan ketuntasan belajara secara klasikal sebesar 66,7%. Siklus II nilai rata-rata 78,8, daya serap klasikal. Angka ketuntasan belajar tersebut telah memenuhi batas minimal ketuntasan belajar di SMK Negeri 2 Bogor. Peningkatan telah memenuhi standar KKM di SMK Negeri 2 Bogor. Pemerolehan data dari hasil penelitian ini sangat berguna untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan pemahaman materi tentang Sifat Meknik Bahan siswa di SMK Negeri 2 Kota Bogor. Penerapan pembelajaran model Collaboration Type Mind Map juga dapat meningkatkan kualitas proses belajar siswa di Kelas X LB SMK Negeri 2 Bogor yaitu meningkatkan kualitas aktivitas guru, dan kualitas aktivitas siswa
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Menganalisis Teks Laporan Observasi di Kelas X MIPA Mawarsih Mawarsih
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 2, No 3 (2021): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v2i3.5048

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang Teks Laporan Observasi pada Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kota Bogor Semester Ganjil  tahun pelajaran 2019/2020. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang  Teks Laporan Observasi pada Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mengukur seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia tentang Teks Laporan Observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatipe tipe Number Heads Together (NHT)  terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa nilai rata-rata sebelumnya dari 62,52 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT)    pada siklus1 rata-rata kelas 80,65 dan pada siklus 2 menjadi 87,21, dan siswa menjadi lebih bersemangat meningkatkan daya saing sehingga kelas terlihat aktif.

Page 1 of 1 | Total Record : 7